Senin, 13 Juni 2016

MEDIA KOMUNIKASI CHATTING

Chatting adalah percakapan yang biasanya dilakukan antara dua orang atau lebih secara langsung atau realtime dengan memanfaatkan fasilitas jaringan internet. Percakapan yang dilakukan bisa berupa teks, suara, atau semuanya digabungkan antara text, suara dan video. Ada banyak sekali aplikasi atau media komunikasi chatting yang dapat digunakan untuk melakukan aktifitas chatting, diantaranya :
  • BBM
    BBM
Aplikasi pengirim pesan instan yang disediakan untuk para pengguna perangkat BlackBerry. Aplikasi ini mengadopsi kemampuan fitur atau aktivitas yang populer di kalangan pengguna perangkat telepon genggam. Contohnya fitur di aplikasi Google Maps atau Yahoo Messenger hingga aktivitas dengan Facebook atau Twitter. Semuanya bisa didapatkan oleh pengguna perangkat BlackBerry pada aplikasi ini. BlackBerry Messenger merupakan salah satu keunggulan dari penggunaan perangkat BlackBerryselain layanan Push Mail. Layanan Messenger ini dibuat khusus bagi pemilik BlackBerry dan dirancang khusus untuk berkomunikasi di antara pengguna. Cara menggunakan BlackBerry Messenger adalah dengan penghubung nomor PIN yang juga eksklusif dimiliki masing-masing perangkat BlackBerry.
Setelah menunggu cukup lama, layanan Blackberry Messenger (BBM) akhirnya berhasil sampai ke platfrom Android tahun lalu. BBM tidak seperti aplikasi Android yang lain dalam daftar ini, karena BBM memang sudah menonjol sebelum masuk ke Playstore.

  • WhatsApp
    WhatsApp
Whatsapp adalah aplikasi messenger yang mirip dengan Blackberry Messenger (BBM) yang awalnya dibuat untuk iPhone. Sekarang applikasi ini bisa berjalan di Blackberry, Android dan Symbian. Applikasi ini memungkinkan HP anda bisa BBM-an dengan BB  Atau chat dengan Iphone, Android, dan sebagainya. Secara keseluruhan, antara BBM dengan WhatsApp tidak jauh berbeda. Hanya saja untuk bisa menikmati obrolan pesan, teks, gambar, suara dan grup chatting, anda harus mendaftarkan nomor handphone agar bisa menggunakan aplikasi ini. Berbeda dengan BBM yang menggunakan nomor PIN. Karena berbasis nomor ponsel inilah, tak sedikit yang mengeluhkan pengguna nomor tak dikenal yang tiba-tiba bisa mengirimkan pesan. Group chat dibatasi hanya 30 nomor, hanya admin yang bisa menambahkan nomor atau teman lainnya.

  • LINE
    LINE
Aplikasi yang satu ini mungkin lagi naik daun,ya inilah aplikasi instant messaging yang bernama LINE.Aplikasi ini menggunakan system nomor telepon seluler untuk saling berhubungan,sama halnya dengan whatsapp.
Ada beberapa keunggulan dibandingkan whatssap,LINE memberikan sebuah layanan free call,sebuah layanan telpon tanpa menggunakan pulsa alias gratis,tapi menggunakan koneksi data internet yang dihubungkan ke server mereka. Dan bisa membuat sebuah grup dengan 100 anggota,yang paling menonjol dalam LINE adalah emoticon yang sangat bervariasi,seperti stickers yang cukup unik dan gambarnya lucu-lucu. ‘’Never’’ perusahaan asal Jepang inilah yang mengembangkan aplikasi LINE, menambahkan bebebrapa aplikasi tambahan seperti Line Camera,dan Line Card untuk kartu ucapan,dan sudah tersedia untuk iOS dan Android,dan awal april 2012 “Never” memperluas penggunaan LINE untuk perangkat computer yang tersedia untuk Mac dan Windows. Untuk mencoba aplikasi instant messaging (IM) bernama LINE ini bisa dounduh secara gratis di App Store dan Google Play.

  • Kakao Talk
    Kakao Talk
Adalah sebuah aplikasi messenger lintas platform yang tersedia bagi pengguna smartphone .Kakao talk memungkinkan penggunanya untuk mengirim pesan tanpa membayar karena ia menggunakan jaringan internet untuk mengirim pesan tersebut. Kakao Talk juga dilengkapi dengan fitur file sharing,group chat,dan fitur-fitur lainnya.

  • WeChat
    WeChat
Adalah layanan komunikasi pesan suara dan teks ponsel yang dikembangkan oleh Tencent di Cina. Aplikasi ini dapat digunakan pada beberapa OS, seperti Android, iPhone, BlackBerry, Windows Phone, dan platform Symbian. Bahasa yang didukung termasuk Bahasa Inggris, Cina tradisional/disederhanakan, Indonesia, Spanyol, Portugis, Thailand, Vietnam, dan Rusia. WeChat didukung pada Wi-Fi, 3G, dan data 4G jaringan.
Pendaftaran dilakukan melalui koneksi Facebook, ponsel SMS / VM, atau Tencent QQ. Aplikasi ini awalnya diluncurkan sebagai Weixin di Cina pada bulan Januari 2011, dengan dukungan bahasa internasional pada bulan Oktober 2011, dan kembali dicap sebagai WeChat pada April 2012.

  • Facebook Messenger
    Facebook Messenger
Masuk akal kalau FB messenger ini banyak penggunanya karena kebanyakan dari mereka sudah mempunyai akun facebook jadi mereka tinggal login dengan menggunakan akun facebook mereka bagi sobat yang sudah daftar facebook silahkan gunakan aplikasi ini untuk ngobrol dengan teman teman sobat dengan lebih mudah dan seru.

  • Skype
    Skype
Adalah sebuah program komunikasi dengan teknologi P2P (peer to peer). Program ini merupakan program bebas (dapat diunduh gratis) dan dibuat dengan tujuan penyediaan sarana komunikasi suara (voice) berkualitas tinggi yang murah berbasiskan internet untuk semua orang di berbagai belahan dunia. Pengguna Skype dapat berbicara dengan pengguna Skype lainnya dengan gratis, menghubungi telepon tradisional dengan biaya (skypeOut), menerima panggilan dari telepon tradisional (SkypeIn), dan menerima pesan suara.

  • Alasan mengapa saya dan para remaja masa kini gemar memakai media komunikasi chatting :
  1. Dapat mempermudah dalam kelancaran penyampaian informasi
  2. Dapat menghemat biaya
  3. Lebih mudah dalam mengekspresikan perasaan
  4. Lebih mudah mendapatkan teman baru
  5. Dapat digunakan sebagai sarana diskusi
Itulah beberapa macam dari media komunikasi chatting dan alasan mengapa saya menggunakannya.. Semoga bermanfaat and see you ~

Tidak ada komentar:

Posting Komentar